Ofset Printing Vs Digital Printing, Mana yang lebih Menguntungkan?

Membandingkan antara offset printing Vs digital printing, dimanakah ke duanya yang lebih menguntungkan? Perkembangan dunia grafika berkembang pesat sejak di temukannya teknologi pencetakan digital. Teknologi tersebut memungkinkan teknik percetakan dari gambar dan text berbasis digital, dari file dapat langsung di cetak ke berbagai macam media yang instan dan cepat. Jika teknologi tradisional offset printing, proses pencetakkan menggunakan film dan plat screen. Teknologi Digital printing mengeliminasi proses di atas.

Baca juga : Ragam Flashdisk Promosi di Digital Printing Digibook Promotion

Teknologi Offset Printing

Mekanisme offset printing - Digital printing semarang

Gambar 1. Proses alur percetakan di offset printing ( sumber : lotusprinter india)

Baca juga : Bagaimana proses percetakan stiker di digital printing

Yang menjadi perbedaan mendasar pada percetakan offset, bahwa tinta pencetakan  tidak langsung di transfer ke kertas. Ada dua tahapan yang di lalui yakni tinta di transfer melalui screen /plate kemudian ke silinder karet dan kemudian baru di cetak di atas kertas. Printer offset mencakup tiga silinder: silinder piring, silinder selimut offset dan silinder tayangan

Pencetakan offset adalah pencetakan litograf. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan proses litograf , yang didasarkan pada tolakan minyak dan air , teknik offset menggunakan pembawa gambar datar ( planografis ). Rol tinta mentransfer tinta ke area gambar pembawa gambar, sedangkan roller air menggunakan film berbasis air untuk area non-gambar (https://en.wikipedia.org/wiki/Offset_printing ). Beberapa mesin cetak offset menggunakan lapisan silikon yang menolak tinta dan bukannya air.  Sistem ini disebut mesin cetak offset ‘kering’ atau ‘tanpa air’.

mesin cetak offset printing

Gambar 2. Mesin cetak offset printing sumber : gordonbrothers.com

Percetakan offset memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan teknologi digital printing, antara lain :

  1. Metode offset printing adalah metode  yang paling hemat biaya untuk pekerjaan cetak dalam jumlah besar
  2. Semakin banyak Anda mencetak, semakin murah harga per halaman
  3. Dapat mengakomodasi berbagai jenis kertas custom dan gramasi
  4. Tersedia tinta metalik, neon, dan custom lainnya
  5. Kualitas cetak setinggi mungkin dengan detail akurat dan kesetiaan warna

Baca Juga : Kenapa perusahaan harus menggunakan souvenir perusahaan?

Teknologi Digital Printing

Proses pencetakan digital printing berbeda dengan proses pencetakan offset, yang menggunakan tinta basah dan mentransfer gambar yang sama melalui pelat cetak. Pada teknologi digital printing, komputer akan memformulasi gambar dengan algoritma yang kompleks dengan bantuan mesin pencetak ( printer) tinta akan di transfer ke media cetak.

mekanisme print laser

Gambar 3 : mekanisme printer digital berbasis tooner (inkhub.com.au)

Pada print digital laser berbasis tooner. Mekanisme pencetakan dimulai dengan sinar laser yang memproyeksikan gambar yang diperlukan untuk dicetak ke silinder bermuatan listrik yang dikenal sebagai “Drum Unit”. Unit Drum adalah silinder selenium berputar dengan sifat fotokonduktif. Karena sifat fotokonduktif dari unit drum daerah pada drum yang belum terkena laser menjadi konduktif. Inilah saatnya toner (tinta dalam bentuk bubuk) mulai digunakan. Area yang tidak terkena sinar laser sekarang menarik bubuk toner untuk menempel sementara area yang diisi laser benar-benar mengusir bubuk toner. Ini adalah bagaimana gambar yang diperlukan pada awalnya dibentuk.

digital printing semarang

Gambar 4. Fujixerox Versant 3100 ( gambar dari astragraphia.co.id)

Baca juga : Memikat hati pelanggan dengan tumbler custom digital printing

Pada teknologi digital printing. Titik-titik warna mikroskopis menciptakan ketepatan pinpoint, yang menciptakan gambar ultra-jelas. Karenanya, mengapa DPI (titik per inci) versus PPI (piksel per inci) sangat penting. Printer digital, paling umum adalah printer berbasis inkjet atau toner. Printer Inkjet menghasilkan gambar dengan memetakan tetesan sangat kecil dari tinta ke permukaan kertas  kemudian akan mencetak gambar.

Teknologi cetak produksi digital berkembang dengan cepat, dan kualitas hasil cetak digital terus meningkat. Kemajuan ini menghasilkan kualitas cetak yang meniru cetak offset. Pencetakan digital memungkinkan keuntungan tambahan, termasuk:

  1.  Pada percetakan digital printing memungkinkan personalisasi, pencetakan data variabel (VDP), maksudnya tidak di batasi jumlah variabel yang di cetak
  2. Percetakan digital adalah print-on-demand. Jadi mencetak sesuai dengan kebutuhan media yang akan di cetak.
  3. Cost produksi lebih murah untuk Quantity cetak tertentu atau dalam jumlah sedikit

Kekurangan dan Kelebihan 

Jika Offset printing merupakan sistem pencetakan dengan cara kuno, maka digital printing merupakan sistem pencetakan modern yang menggunakan teknologi tinggi yang terus berkembang.  Meskipun offset printing adalah metode kuno, untuk kondisi yang membutuhkan pencetakan dalam jumlah besar dan membutuhkan konsistensi, pencetakan dengan sistem digital printing tentu masih kalah dengan sistem pencetakan dari offset printing. Selain kemampuan pencetakannya, digital Printing ini tentu memiliki lebih banyak kelebihan. Apa saja?

  1. Sistem digital printing ini memiliki sistem yang lebih mudah untuk dipelajari, lebih mudah disetting dan tentunya akan memakan waktu dan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan sistem pencetakan tradisional.
  2. Sistem digital printing ini juga memberikan kemungkinan bagi Anda untuk melakukan pencetakan dalam skala kecil karena biaya untuk membuat copy sebanyak 500 lembar sama dengan membuat copy sebanyak 1 lembar untuk harga masing-masing lembarnya. Hal inilah yang menyebabkan percetakan Digital Printing memiliki biaya yang lebih murah bagi konsumen.
  3. Sistem edit sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan perubahan desain di menit-menit terakhir juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena sistem digital memungkinkan perubahan dengan cara yang sangat cepat. Tidak seperti sistem percetakan tradisional yang dilakukan dengan  menggunakan plat metal sehingga perubahan akan sulit dan memakan waktu yang lama untuk dilakukan.
  4. Dapat mencetak banyak jenis atau printing. Anda bahkan bisa mencetak kode secara custom dengan mudah menggunakan sistem digital printing ini. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi Anda.

Dilihat dari efisiensi yang dimiliki, sistem Digital Printing tentu memiliki banyak keuntungan, mudah dan efektif dari sisi pembiayaan, dan dapat digunakan untuk mencetak dengan biaya yang kecil bahkan bisa mencetak satuan. Sayangnya jika Anda mencetak dalam skala besar dengan menggunakan sistem Digital Printing tentu harganya akan sama saja dengan mencetak satuan. Oleh karena itu jika percetakan dilakukan dengan skala besar, tradisional printing tetap menjadi juara.

Digibook Promotion

Creating Happiness

Related Keyword :

percetakan spanduk MMT semarang, cetak spanduk banner mmt cepat, percetakan spanduk terdekat, digital printing terdekat, percetakan terdekat, cetak stiker vynil semarang,  percetakan stiker semarang, cetak stiker semarang, cetak stiker di semarang, cetak stiker murah semarang, cetak spanduk kain semarang, cetak mmt salatiga, cetak spanduk semarang, cetak umbul umbul semarang, cetak stiker label semarang, cetak a2 semarang, semarang print center, percetakan online stiker label, stiker kemasan, stiker label makanan, stiker label custom dan stiker print & cut di semarang

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail