Pilih Laman

Mengenal perbedaan PPI ( pixel per inch ) dan DPI ( Dot Per Inch) dalam industri percetakan dan penerapan aplikasinya pada percetakan dan digital printing digibook promotion semarang. DPI atau PPI adalah istilah yang sering kita temukan pada saat mendesain sebuah logo atau desain grafis. Istilah ini muncul pada saat kita menggunakan software desain seperti Corel draw, adobe photosop, dan adobe in design. DPI atau PPI sebenarnya adalah ukuran resolusi gambar yang berkaitan erat dengan proses akhir sebuah desain. Dalam artikel ini, tim digital printing digibook promotion semarang akan membahas secara lengkap apa itu PPI ( pixel per inch ) dan DPI ( Dot Per Inch) dan aplikasinya.

Perbedaan PPI ( pixel per inch ) dan DPI ( Dot Per Inch)

Memahami perbedaan PPI dan DPI dan bagaimana aplikasi penerapannya dalam perancangan grafis, kita akan mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas dan kualitas gambar yang optimal untuk tampilan di layar. PPI menjelaskan resolusi dalam piksel dari gambar digital sedangkan DPI menjelaskan jumlah titik tinta pada gambar yang dicetak. Walaupun PPI mengacu pada tampilan layar, akan tetapi PPI  juga mempengaruhi ukuran dan kualitas hasil cetakan.  Sedangkan DPI berhubungan dengan file design cetak offset dan tidak berhubungan dengan resolusi gambar.

Gambar 1. Perbedaan resolusi PPI vs DPI (sumber: aiganhvt.wordpress.com)

Baca Juga : Perbedaan Print Indoor dan Print Outdor Dalam Digital Printing

Apa Itu Pixel Per Inch

PPI atau yang merupakan singkatan dari Pixel Per Inch adalah satuan resolusi yang ditentukan dengan berdasarkan berapa banyak pixel yang dibuat. Perlu anda tahu bahwa pixel untuk setiap incinya. merupakan titik layat yang berukuran sangat kecil. PPI digunakan sebagai satuan digital. Pixel adalah satuan terkecil dari sebuah gambar digital. Pixel terdiri dari sub pixel, yang terdiri dari warna merah, biru dan hijau (RGB atau Red, Green Blue). Namun satuan ini tidak digunakan pada kertas fisik melainkan untuk layar, misalnya monitor. Secara umum, monitor memiliki ukuran layar mencapai 72 PPI. Semakin tinggi ukuran PPI, maka semakin rapat pixelnya.

Kapan Menggunakan PPI?

Low PPI vs High PPI - Digital Printing Semarang Digibook

Gambar 2. Perbedaan High Resolution Vs Low Resolution ( sumber : amodelsdiary.blogspot.com)

Sekarang muncul pertanyaan, kira-kira kapan anda harus menggunakan PPI? Perlu diketahui bahwa anda harus menggunakan PPI ketika berhubungan dengan kehalusan gambar. Gambar tersebut bukan gambar yang dicetak melainkan gambar yang nanti akan ditampilkan di layar monitor maupun pada kamera digital. Jadi, anda bisa melihat sendiri bahwa ketika PPI-nya semakin tinggi, itu berart pixelnya semakin rapat. Sebaiknya, ketika PPI-nya rendah, maka pixelnya tidak terlalu rapat.

Apa Itu Dot Per Pixel

Lalu bagaimana dengan DPI? DPI merupakan singkatan dari Dot Per Inch. Maksudnya, satuan ini mengacu kepada berapa banyak dot yan dihasilkan per incinya. Sekedar informasi bahwa dot merupakan titik lingkaran dengan ukuran sangat kecil. DPI ini nantinya akan digunakan pada resolusi output, seperti printer. Dengan kata lain, DPI merupakan jumlah fisik yang terdapat di dalam tinta fisik yang berasal dari hasil cetakan printer. Secara umum, untuk standar yang dimiliki oleh DPI tinggi bisa mencapai 300. Kemudian untuk rasio antara DPI dan PPI yaitu 1:1.

Sumber : Serba Serbi Digital Printing, Mengenal Pengertian dan Jenisnya

Kapan Menggunakan DPI?

DPI vs PPI - Digital Printing Semarang

Gambar 3. Perbedaan High DPI Vs Low DPI ( sumber : 99designs.com )

Setelah sebelumnya anda sudah mengetahui kapan kira-kira anda harus menggunakan PPI, sekarang anda juga harus tahu kapan anda harus menggunakan DPI. Dikarenakan DPI ini berhubungan dengan gambar yang dicetak secara fisik melalui printer, itu berarti DPI ini digunakan untuk mengetahui tingkat kehalusan pada gambar yang dicetak tersebut.

Mengatur Resolusi PPI pada Photoshop

Bagi anda yang setiap hari selalu berhubungan dengan desain grafis, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Photoshop. Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk mengatur resolusi PPI yang akan anda tampilkan di layar monitor. Bagaimana cara mengaturnya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Anda buka photoshop dan masuk ke New File. Ketika anda masuk ke sini, anda akan menemukan banyak pengaturan nama, ukuran, dan lain sebagainya. Di sini anda perhatikan ada sebuah pengaturan yang bertuliskan Resolution. Yang perlu anda lakukan yaitu dengan mengatur satuannya menjadi pixel/inch. Anda masukkan berapa jumlah resolusi yang anda inginkan. Umumnya resolusinya yaitu 300.
  2. Bagi anda yang ternyata sudah membuat desain photoshop, anda masih bisa mengatur resolusinya. Caranya anda masuk ke Image – Image Size. Di sini anda bisa mengatur resolusinya dimana resolusi standarnya adalah 300. Untuk mengaturnya, anda juga harus mencari tulisan Resolution dan kemudian anda tinggal mengisi berapa resolusi yang anda inginkan.

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang bagaimana cara mengatur resolusi PPI di photoshop. Sebenarnya anda masih bisa mengggunakan aplikasi lain yang sejenis dengan photoshop. Namun, caranya tentu berbeda dengan apa yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Berkaitan dengan pengaturan resolusi di photoshop, pastikan anda mengatur resolusinya sebesar 300 dpi/ppi.

Tujuannya agar gambar yang nanti ditampilkan atau dicetak tidak sampai pecah. Lalu bagaimana jika ternyata masih pecah? Solusinya, coba anda membuat desainnya terlebih dahulu di aplikasi vektor seperti Illustrator dan CorelDraw.

Baca Juga : Digital Printing Itu Apa Sih?. Yuk Cari Tahu Penjelasan Lengkapnya

Mengatur Resolusi DPI di Photoshop

Setelah anda mengetahui bagaimana cara mengatur resolusi PPI di photoshop, sekarang kami akan menerangkan bagaimana langkah-langkah mengatur resolusi DPI di aplikasi tersebut. Meskipun sebenarnya caranya masih berhubungan dengan pengaturan resolusi PPI. Selain itu, cara yang akan kami jelaskan ini sangat mudah sehingga kami yakin anda tidak akan kesulitan mengikuti setiap langkahnya.

  1. Anda buka aplikasi Photoshop
  2. Setelah itu, anda tekan tombol kombinasi CTRL + O. Bisa juga melalui File – Open.
  3. Kemudian anda tinggal memilih mana gambar yang resolusi DPI-nya akan anda ubah.
  4. Jika sudah anda tentukan, selanjutnya anda masuk ke Image – Image Size.
  5. Di situ anda akan melihat tulisan Resolution. Anda tinggal mengganti resolusi DPI sesuai dengan yang anda inginkan.
  6. Jika sudah, jangan lupa klik OK agar anda bisa melihat hasilnya.
  7. Belum selesai, anda harus menyimpannya dengan menekan CTRL + S atau bisa juga File – Save As.

Melihat Resolusi DPI untuk Gambar yang Sudah Ada

Bagaimana cara melihat resolusi DPI pada gambar yang sudah ada? Berikut ini kami akan memberikan langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama adalah anda pilih gambar yang resolusi DPI-nya ingin anda lihat.
  2. Langkah kedua, anda klik kanan pada gambar tersebut. Selanjutnya masuk ke Properties.
  3. Langkah ketiga, anda cari bagian Details. Tujuannya untuk melihat semua pengaturan yang terdapat pada gambar. Di sinilah anda juga bisa melihat berapa resolusi DPI yang dimiliki gambar tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan terkait perbedaan PPI vs DPI. Kesimpulannya, PPI merupakan istilah yang mengacu pada berapa banyak piksel pada gambar. Kemudian DPI merupakan istilah yang mengacu pada berapa banyak dot pada gambar. Keduanya sama-sama berhubungan sehingga tidak heran jika sampai sekarang mungkin masih banyak orang yang belum bisa membedakan keduanya.

Artikel terkait : Digital Printing Semarang

Digibook Promotion
Creating Happiness

Related Keyword :

resolusi 300 ppi, perbedaan lpi dan dpi, Dpi vs lpi vs ppi, standar resolusi gambar, cara menghitung dpi, cara mengatur resolusi di photoshop agar tidak pecah, minimal resolusi gambar yang digunakan untuk desain grafis cetak, ukuran resolusi gambar, ukuran resolusi gambar terbaik, Cetak stiker label kemasan, cetak stiker semarang, percetakan stiker semarang, percetakan spanduk semarang, stiker vynil label kemasan, jasa percetakan stiker, cetak mug printing, cetak stiker label semarang, cetak lanyard custom printing, cetak a2 semarang, semarang print center, percetakan online stiker label, stiker kemasan, stiker label makanan, stiker label custom dan stiker print & cut di semarang, vendor flashdisk custom semarangpercetakan flashdisk promositumbler promosi semarangprodusen barang promosi perusahaan

Pusat Bantuan

Cara Belanja

Blog

Alamat

Jl. Kolonel HR Hadijanto No. 17, Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229

0819-0826-6435

Lihat di Google Map

Jl. Banjarsari Raya No. 1 Ruko BQ Square Kavling 13, Tembalang, Semarang

0812-2971-1273

Lihat di Google Map

Copyright © 2022 Digibook Promotion