Stiker Print & Cut | Percetakan Stiker Semarang

Mengenal apa itu sticker print & cut, jenis dan aplikasi dari stiker print & cut pada percetakan stiker semarang. Apakah anda tahu apa itu stiker print & cut?  Stiker print & cut adalah stiker yang pembuatannya melalui 2 proses, yakni proses pencetakan dan proses cutting. Stiker print & cut  adalah jasa pencetakan stiker yang sering kita temui di print shop dan digital printing. Ada 2 jenis stiker print & cut yakni, die cut dan kiss cut. Perbedaan mendasarnya adalah bentuk potongan stiker jadinya.

Stiker Die Cut & Stiker Kiss Cut

Die Cut Stiker

die cut stiker percetakan stiker semarang

Gambar 1. Contoh die cut stiker ( sumber: alibaba.com)

Stiker die cut merupakan jenis cutting stiker yang terpotong sampai kertas pendukungnya. Jadi, pada saat stiker itu di cetak, mesin cutting stiker akan memotong pola stiker sampai pada kertas belakang ( backing paper). Die cut stiker akan memotong stiker sesuai pola dan hanya menyisakan permukaan stiker yang di print. Stiker jenis ini sering di gunakan untuk stiker branding, stiker kemasan botol, stiker flexypack, dll.

Kiss Cut Sticker

stiker kiss cut percetakan stiker semarang

Gambar 2. Contoh kiss cut stiker ( sumber: alibaba.com)

Kiss cut stiker merupakan jenis cutting stiker yang tidak terputus sempurna. Jadi stiker kiss cut ini yang terpotong hanya pola gambar yang terprint dan masih menyisakan backing papernya. Stiker kiss cut ini sering kita jumpai dan sering di gunakan, karena untuk membuat stiker jenis ini hanya memerlukan mesin cutting stiker dengan fungsi standart. Stiker jenis kiss cut ini adalah stiker yang sering di gunakan pada industri stiker label kemasan.

Baca Juga: Bagaimana membuat stiker Label Kemasan yang Menarik?

Jenis Stiker Print & Cut

Di bawah ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk stiker print & cut yang sering di gunakan pada percetakan stiker semarang.

Stiker Vynil

Jenis stiker print & cut adalah stiker vinyl. Stiker jenis ini lebih cocok digunakan di luar ruangan karena terbuat dari bahan plastik tipis dan tidak mudah rusak, robek, maupun luntur karena terkena air. Jenis stiker vynil ini biasanya anda temukan sebagai stiker pada mobil, motor, stiker promosi, dan lain-lain.

Stiker Scotlite

Jenis stiker yang kedua adalah stiker scotlite. Salah satu ciri yang dimiliki jenis stiker print & cut yang satu ini adalah ketika terkena sinar matahari, maka akan terlihat adanya pantulan. Biasanya, stiker scotlite bisa anda lihat pada rambu-rambu jalan yang juga dinamakan sebagai mata kucing. Bisa anda perhatikan bahwa ketika stiker scotlite tersebut terkena cahaya lampu dari motor atau mobil, maka gambarnya bisa terlihat sangat jelas. Beberapa kegunaan dari stiker scotlite antara lain: hiasan motor, scotlite motor, bumper mobil. Untuk scotlite motor biasanya bertujuan untuk melindungi body motor agar tidak mudah tergores.

Stiker Chromo

Jika anda perhatikan, permukaan pada stiker chromo seperti material art paper dengan tekstur yang mengkilap atau glossy. Namun yang menjadi kekurangan dari stiker chromo adalah bahannya yang terbuat dari kertas sehingga membuatnya mudah robek. Anda bisa menemukan stiker chromo ini pada mainan anak-anak yang biasanya memiliki karakter yang lucu.

Baca Juga : Panduan membuat stiker label kemasan yang menarik perhatian

Stiker HVS

Jenis stiker print & cut yang keempat adalah stiker HVS. Sama dengan stiker chromo, bahan untuk pembuatan stiker HVS ini juga kertaas. Namun kertas yang digunakan kertas HVS. Biasanya, stiker ini akan dijadikan sebagai media yang sesuai untuk menulis sesuatu meskipun sebenarnya bahannya mudah robek. Kekurangan lain dari stiker HVS adalah daya rekatnya yang kurang bagus. Anda bisa menemukan penggunaan stiker HVS pada hadiah, hiasan mainan anak, stiker nama, dan masih banyak yang lainnya.

Stiker Transparan

Untuk stiker transparan, stiker print & cut ini biasa digunakan untuk memberikan inforamsi tambahan. Dengan begitu, maka media tidak tertutup sepenuhnya oleh stiker ini. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh stiker transparan adalah tidak akan meninggalkan bekas ketika anda mengelupasnya atau ketika stiker ini terkelupas secara tidak sengaja. Stiker transparan juga tidak menyerap air. Untuk penggunananya bisa anda lihat pada kemasan botol minuman, toples kaca, jendela, souvenir, kaca bawah jendela, kaca showroom dan lain sebagainya. Bahkan penggunaan stiker transparan ini juga cocok untuk kaca belakang mobil.

Jenis Laminasi Sticker

Laminasi adalah lapisan plastik tambahan yang di maksudkan untuk melindungi lapisan stiker yang telah di cetak. Laminasi di gunakan agar stiker lebih awet, tahan air dan tahan gores. Ada 2 jenis laminasi yang biasa di gunakan, yakni laminasi glossy dan doft.

proses laminasi percetakan stiker label semarang

Gambar 3.Gambaran proses laminasi stiker ( sumber: youtube.com)

Laminasi Doff

Laminasi doff merupakan jenis laminasi yang tampilannya biasa saja tanpa ada kilauan. Tujuan pemasangan laminasi doff adalah untuk melindungi hasil cetak dari printer inkjet sehingga membuat hasil gambarnya bisa bertahan lebih lama. Selain itu, laminasi doff juga bisa anda temukan untuk keperluan mencetak kartu. Dengan begitu, tampilan kartu menjadi lebih eksklusif.

Laminasi Glossy

Lalu bagaimana dengan laminasi glossy? Kebalikan dari laminasi doff, laminasi glossy merupakan jenis laminasi yang memberikan kesan berkilau. Hal ini karena laminasi ini mampu memantulkan cahaya. Permukaan kertas yang sudah dilapisi oleh bahan glossy membuatnya licin. Anda bisa menemukan penggunaan laminasi glossy untuk pembuatan undangan, kartu nama, brosur, poster, pamflet, dan lain-lain. Dengan kesan glossy tersebut, maka hasil cetakannya akan terlihat lebih mewah yang membuat siapapun orang yang melihat laminasi glossy tertarik untuk memegangnya.

Baca juga : percetakan sticker rekomendasi di Semarang

Cara Membuat Stiker Print & Cut

Bagaimana cara membuat stiker print & cut? Pembuatan stiker ini harus memerlukan file desain yang memiliki bentuk garis atau vektor. Kemudian, anda juga harus menyiapkan software yang bisa digunakan untuk mengolah file vektor. Beberapa software yang bisa ada gunakan seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan beberapa aplikasi lain yang tidak kalah terkenal.

Meskipun di dalam pembuatannya memerlukan mesin cutting, namun pada beberapa bagian masih butuh penanganan manusia, misalnya untuk mengupas sisa-sisa stiker yang sudah tidak dipakai.Stiker ini juga hadir dengan pilihan warna yang beragam meskipun sebenarnya masih dibatasi oleh warna solid yang non gradasi. Meskipun begitu, anda masih bisa membuat berbagai warna solid seperti yang anda inginkan. Untuk pemotongannya tidak perlu selalu garis lurus. Anda juga bisa memotongnya secara contur dengan mengikuti desain gambar yang tentunya bisa anda lakukan jika memiliki mesin cutting yang mendukung pemotongan contur.

Aplikasi Stiker Print & Cut pada Percetakan Stiker Semarang

Adapun beberapa aplikasi stiker print & cut yang secara umum mudah anda temukan antara lain:

  • Digunakan sebagai scotlite pada motor untuk melindungi body
  • Di tempelkan pada kaca dekorasi perkantoran
  • Ditempelkan pada kaca motor dan mobil
  • Ditempelkan pada botol kemasan untuk memberikan informasi tambahan
  • Stiker ini juga bisa anda temukan menempel untuk keperluan hiasan mainan anak, hadiah maupun stiker nama.
  • Bumber mobil, hiasan motor, dan juga stiker interior maupun interior juga merupakan penggunaan lain dari stiker print & cut.

Meskipun begitu, setiap penggunaan juga harus menyesuaikan dengan jenis dan kebutuhan stiker tersebut.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan terkait stiker print & cut, jenis dan aplikasinya pada percetakan stiker semarang.Jika anda membutuhkan jasa pembuatan stiker print & cut segala ukuran. Anda dapat menghubungi digital printing digibook promotion semarang. Digibook promotion menghadirkan solusi jasa cetak / print sticker dengan menghadirkan jasa pemesanan online pembuatan stiker dekorasi dinding, sticker print and cut, sticker decal, sticker branding, sticker cutting, sticker timbul, cetak stiker, stiker label kemasan dan stiker custom dengan pengerjaan yang cepat, harga terjangkau dan kualitas hasil print yang dapat di andalkan.

Digibook Promotion
Creating Happiness

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail