Stiker Chromo | Percetakan Stiker Label Kemasan

Salah satu jenis stiker label & kemasan yang sering digunakan adalah stiker chromo. Sticker chromo adalah salah satu jenis sticker berbasis kertas. Sticker ini memiliki karakteristik licin, mudah sobek, memiliki permukaan seperti bahan art paper yang glossy. Stiker chromo banyak di pakai sebagai sticker label baik itu stiker label kemasan makanan atau sticker label undangan, iventory, dll. Stiker chromo mudah robek dan mudah rusak jika kena air. Stiker ini juga tidak tahan gores sehingga untuk membuatnya lebih  awet digunakan laminasi. stiker chromo dapat di cetak menggunakan tinta berbasis tooner, berbasis air (water base) dan ber basis minyak (oil base)

Jenis Stiker Chromo

stiker chromo | percetakan stiker label kemasan

Gambar 1. Jenis stiker chromo | percetakan stiker label kemasan ( gambar : amazon.com)

Saat ini, hanya satu jenis stiker chromo yang tersedia yakni sticker chromo glosy. Bahan sticker chromo memiliki beberapa ukuran, yakni ukuran A4, A3+ dan ukuran plano. Seperti penjelasan di awal, bahwa setiker chromo termasuk stiker kertas sehingga stiker ini tidak cocok di gunakan sebagai stiker kemasan yang memerlukan ketahanan tinggi terhadap api, air dan goresan.

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang lebih memilih stiker chromo dibandingkan jenis stiker yang lainnya. Salah satunya karena stiker chromo mampu menghemat biaya. Jadi, bagi anda yang memulai usaha namun terkendala dengan biaya yang terbatas, terutama untuk keperluan label. Maka anda bisa memilih untuk menggunakan stiker berbahan chromo. Namun memang ada hal lain yang perlu anda perhatikan ketika ingin memilih stiker chromo. Apa itu? Stiker chromo ternyata cepat luntur, terutama ketika terkena air hujan.

Meskipun begitu, anda masih tetap bisa menggunakannya jika produk anda lebih untuk keperluan dalam ruangan alias indoor atau menambahkan laminasi di permukaan stiker chromo tersebut. Dengan begitu, stiker yang terbuat dari chromo tersebut tidak akan mudah luntur.

Aplikasi Stiker Chromo

Stiker chromo dapat di cetak menggunakan mesin printer inkjet rumahan, printer berbasis tooner dan dapat di cetak menggunakan metode offset printing. Stiker chromo biasanya di gunakan untuk label botol, stiker label kemasan makanan atau sticker label undangan, iventory, label pada kotak makanan, label pada kue dan cockies, stiker label harga, stiker label pada kemasan kopi, dll. Stiker chromo juga digunakan untuk kebutuhan promosi seperti stiker untuk kampanye & stiker branding untuk keperluan indoor. Biasanya stiker chromo untuk kebutuhan label kemasan akan di potong sesuai kontur ( print & cut sticker) dengan menggunakan mesin cutting sticker. Hal ini bertujuan agar stiker kemasan tersebut menarik dan unik.

Kelebihan dan Kekurangan Stiker Chromo

stiker chromo | percetakan stiker label kemasanTidak lengkap rasanya jika tidak membahas seputar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh stiker chromo. Setiap bahan yang digunakan untuk keperluan stiker sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan stiker chromo yang hadir dengan kelebihan serta kekurangannya yang penting untuk anda ketahui.

Di awal kami sudah menyingung seputar kelebihannya. Stiker chromo merupakan jenis stiker murah yang hemat biaya. Jadi, jika anda terkendala dengan biaya produksi stiker sementara anda memerlukan stiker dalam jumlah yang banyak, maka solusinya adalah dengan menggunakan stiker chromo. Dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dan bisa mengalokasikan dana anda untuk keperluan lainnya. Kelebihan kedua yang dimiliki oleh stiker chromo adalah stiker ini cocok untuk kebutuhan dalam ruangan. Bagi anda yang menjual produk dengan pemakaian dalam ruangan atau tidak terkena sinar matahari atau hujan, maka bahan chromo merupakan pilihan terbaik untuk anda.

Kemudian untuk kelebihan stiker chromo yang ketiga adalah memiliki tingkat kelengketan yang tinggi. Mungkin anda pernah mengalaminya ketika hendak mengelupas stiker ini memerlukan waktu yang cukup lama. Bahkan meksipun anda berhasil mengelupasnya namun tidak bis anda kelupas secara sempurna. Apakah kelebihan stiker chromo itu saja? Tentu saja tidak. Masih ada kelebihan lain dari stiker chromo yakni stiker ini sangat cocok digunakan untuk menggabungkan berbagai warna dalam satu stiker. Stiker ini juga sesuai untuk anda berikan gambar seperti untuk kebutuhan kampanye.

Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Salah satu kekurangan yang paling terasa dari stiker chromo adalah bahannya yang mudah luntur. Bahan chromo memang akan luntur dalam waktu yang relatif cepat ketika sering terkena air hujan. Oleh sebab itu, bahan chromo memang tidak cocok digunakan untuk keperluan outdoor jika anda menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.

stiker chromo | percetakan stiker label kemasan

Manfaat Menggunakan Stiker Chromo

Lalu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan stiker chromo? Berikut ini kami akan memberikan jawabannya.

  • Serbaguna, bagi anda yang memiliki produk dengan permukaan yang halus, maka stiker chromo bisa menjadi pilihan terbaik. Stiker ini mampu dicetak pada bahan yang berbeda-beda yang bisa anda pilih apakah ingin menggunakannya untuk label depan maupun belakang. Stiker chromo juga dipilih untuk anda yang mungkin tidak suka jika ada label yang membungkus semua produk.
  • Aplikasi yang mudah, kebanyakan orang tentu sudah tahu bagaimana cara menggunakan stiker chromo. Stiker ini memberikan opsi bagi anda yang ingin mengaplikasikan secara manual, yakni dengan tangan. Meskipun stiker chromo juga bisa menggunakan mesin untuk hasil yang lebih presisi.

Demikian informasi yang bisa kami berikan terkait stiker chromo. Semoga informasi ini semakin menambah wawasan anda tentang stiker chromo yang penggunannya cukup populer saat ini. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan stiker label kemasan yang berkualitas dan memiliki harga yang terjangkau. Anda dapat menghubungi digital printing digibook promotion semarang. Digibook promotion menghadirkan solusi jasa cetak / print sticker dengan menghadirkan jasa pemesanan online pembuatan stiker dekorasi dinding, sticker print and cut, sticker decal, sticker branding, sticker cutting, sticker timbul, cetak stiker, stiker label kemasan dan stiker custom dengan pengerjaan yang cepat, harga terjangkau dan kualitas hasil print yang dapat di andalkan.

 

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail