Membuat Desain Label Produk Sendiri, Kenapa Tidak?

Bagaimana cara, tips dan panduan merancang dan membuat desain label produk sendiri seperti profesional? Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel terdahulu tentang pentingnya pembuatan stiker label untuk promosi produk. Stiker label kemasan sebuah produk memiliki peran yang penting. Stiker label produk adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan nilai branding usaha yang anda jalankan. Meskipun persaingan ketat, jika anda memiliki branding yang baik, maka usaha anda tidak akan kalah dan bahkan bisa mengungguli usaha lainnya. Label produk juga berfungsi sebagai tanda pengenal dan juga pembeda antara produk yang anda jual dengan kompetitor anda.

Meskipun terdapat dua produk yang sama. Akan tetapi, konsumen masih bisa membedakan melalui label produk tersebut. Melalui label produk inilah anda dapat menyampaikan beberapa informasi seputar kualitas, brand, kode produksi, legalitas, petunjuk, dan berbagai informasi penting lainnya. Memiliki stiker label memang sangat penting. Bayangkan jika anda memiliki usaha yang banyak digemari namun anda tidak memiliki brand. Di sisi lain, ada orang yang memulai usaha yang sama sehingga membuat merk anda terbagi. Akibatnya, omset atau keuntungan anda pun bisa menurun karena konsumen tidak bisa membedakan mana produk yang anda jual.

Baca juga :  Vendor Pembuatan Souvenir Perusahaan & Barang Promosi Perusahaan di Semarang

conttoh label kemasan produk

Gambar 1. Contoh label kemasan produk minuman juice

Langkah-Langkah Merancang Desain Label

Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan di dalam merancang sebuah desain label. Dengan begitu, label yang anda buat lebih menarik dan membuat konsumen langsung mengenali produk anda meskipun ada produk lainnya yang kemasan dan isinya hampir sama.

Menentukan Tujuan Pembuatan

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menentukan tujuan pembuatan label anda. anda harus menentukan apakah label anda digunakan untuk produk makanan, aksesoris, pakaian, dan lain sebagainya. Pastinya setiap tujuan pembuatan akan membuat desain label anda juga berbeda. Maka dari itu, hal dasar yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah menentukan tujuan pembuatan label anda tersebut.

Memilih Software Desain 

software desain grafis untuk stiker label

Gambar 2. Software Desain Grafis yang dapat di gunakan Untuk merancang stiker label ( sumber: desainku.info )

Setelah anda menentukan tujuan, langkah kedua adalah memilih aplikasi yang tepat dalam membuat desain label. Ada banyak software yang dapat anda gunakan untuk membuat desain label. Beberapa aplikasi yang terkenal seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, Canva, Microsoft Publisher, GIMP, PagePlus, Designer Pro, dan masih banyak yang lainnya. Tugas anda tinggal memilih salah satu dari aplikasi tersebut yang sekiranya memang menurut anda paling banyak menyediakan fitur yang anda butuhkan. Jika kami boleh menyarankan, anda pilih aplikasi pengolah grafik vektor. Salah satunya adalah Adobe Illustrator. Tujuannya agar gambar yang dicetak tidak pecah dan tidak mengalami masalah missing font pada saat file tersebut anda buka di komputer lain.

Baca juga : Menggunakan flashdisk custom untuk souvenir promosi perusahaan

Menentukan Ukuran Stiker Label

Cara merancang desain label yang ketiga yaitu dengan menentukan ukuran yang pas. Setiap label pasti memiliki ukurannya masing-masing karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, antara label satu dengan label yang lain pastinya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jika anda bingung memilih ukuran untuk produk anda, anda bisa mencari referensi dari penjual lainnya yang menjual produk yang sama dengan anda.

Anda tinggal mengamati ukuran dari label tersebut dan anda terapkan pada produk anda. Mungkin nanti juga masih harus anda sesuaikan lagi. Cara ini pun terbilang efektif dibandingkan anda harus memprediksi ukuran label anda.

Memilih Warna Yang Sesuai

psikologis warna stiker label

Gambar 3. Palet psikologis warna dalam menentukan desain grafis ( sumber: digitalsynopsis.com )

Menentukann warna yang tepat juga menjadi faktor yang tidak boleh anda abaikan.  Jika anda salah dalam memilih warna, maka bisa-bisa produk anda bisa “tenggelam” diantara banyaknya kompetitor yang ada. Selain itu, anda juga harus menyesuaikan antara warna yang anda gunakan dengan produk yang anda jual.

Sama dengan ukuran, jika anda bingung memilih warna yang pas untuk prduk anda, silahkan anda mencari referensi dari para kompetitor anda. Dari sini and abisa menemukan kira-kira mana warna yang pas untuk anda jadikan sebagai warna identik dari label anda tersebut. Namun biasanya warna merah dan kuning menjadi warna yang banyak digunakan dalam label. Meskipun sebenarnya kedua warna ini bukan warna terbaik. Akan tetapi, keduanya bisa menjadi pilihan warna pas dan bisa membuat konsumen langsung tertarik terhadap label anda tersebut.

Baca juga : Jual botol minum tumbler souvenir promosi murah di semarang

Memilih Bahan Stiker Label Yang Tepat

Sebenarnya pemilihan warna, ukuran, dan bahan menjadi satu paket yang tidak bisa dilepaskan. Pemilihan bahan pun juga harus didasarkan pada produk yang anda jual. Misalnya, jika anda menjual makanan berminyak, maka anda harus memilih bahan plastik. Jadi, minyak pada makanan tersebut tidak bercampur dengan tinta tulisan label anda. Namun harga bahan plastik memang cenderung lebih mahal.

Jika anda menjual produk tekstil, maka anda bisa memilih bahan yang terbuat dari kain atau kertas. Sekedar saran, bagi anda yang memilih bahan label yang bertekstur, jangan gunakan font berukuran kecil agar pada saat dicetak, font tersebut tidak mengalami kendala dengan tekstur bahan.

Utamakan Kualitas Cetak Stiker Label

Cara keenam adalah memperhatikan kualitas cetak label anda. Ketika anda mencetak label dengan kualitas yang kurang baik, maka bisa berpengaruh terhadap nilai produk anda.  Maka dari itu, penting untuk mencari tempat percetakan label yang berkualitas yang reputasinya tidak diragukan lagi.Tujuan mengutamakan kualitas cetak adalah untuk memberikan kesan pertama yang menarik bagi konsumen ketika melihat produk anda.  Mungkin di tempat anda ada banyak percetakan. Namun anda harus benar-benar mencari yang terbaik yang mampu mencetak label sesuai dengan bahan yang anda inginkan.  Mintalah saran orang-orang yang menurut anda paham tentang lokasi percetakan yang berkualitas.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana merancang dan mendesain stiker label sendiri. Jika anda masih bingung, anda bisa memesan stiker label online disini. Digibook promotion adalah percetakan dan digital printing terpercaya di kota semarang.  Digibook menghadirkan platform pembuatan stiker label online dan aneka jenis stiker lainnya seperti stiker motor, stiker poliflex,  stiker dekorasi dinding, sticker print and cut, sticker decal, sticker branding, sticker cutting, sticker timbul, cetak stiker, stiker label kemasan dan stiker custom dengan pengerjaan yang cepat, dengan harga terjangkau, murah dan bergaransi.

Digibook Promotion

Creating Happiness

 

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail