Jenis Kertas Dalam Percetakan Buku

Mengenal Jenis dan Macam Kertas yang di Gunakan Dalam Percetakan Buku– Kertas terbuat dari proses serat kayu pulp yang di pres. Bangsa China merupakan pengembang pertama teknologi pembuatan kertas. Secara pasti kehadiran kertas mampu mengubah kebiasaan orang mendokumentasikan tulisan mereka. Mendokumentasikan tulisan dapat kita bedakan berdasarkan kategori tulisan itu sendiri. Dengan demikian anda lebih mudah menentukan jenis media yang akan dipergunakan. Misalkan membukukan buku bacaan, majalah, katalog, profil, atau bahkan mencetak brosur, kartu nama, poster, sertifikat dan banyak lainnya.

Lantas jenis kertas apa yang terbaik untuk mencetak buku? Pertanyaan demikian cukup sering di lontarkan customer sebuah percetakan. Artikel ini akan membahas jenis kertas yang sering percetakan gunakan membuat isi buku bacaan. Jangan terkejut bila menemukan beragam nama kertas. Informasi ini dapat membantu siapapun yang ingin menghasilkan buku. So, make sure if you read this article to the end!

cetak buku online semarang

Memilih Jenis Kertas yang Tepat untuk Percetakan Buku

Mengenal Jenis dan Macam Kertas yang di Gunakan Dalam Percetakan Buku– Seperti yang sudah kita pahami, kertas untuk halaman dalam buku tidak memiliki lapisan. Hal ini menunjukkan jika material cover buku dan interior berbeda. Kertas yang tidak mempunyai finishing umumnya berbobot lebih ringan. Tersedia dua karakter kertas interior, yaitu vellum dan smooth finish. Smooth finish memberikan kesan halus yang mampu menjaga cetakan teks dan foto selalu tajam. Sementara kertas interior vellum sekilas terlihat halus, namun jika anda raba akan terasa tekstur serat kecil. Apabila buku anda sebagian besar memiliki konten gambar, maka hasilnya kurang maksimal memakai vellum. 

Selain itu masih ada pula kertas dengan karateristik matt, silk, dan glossy. Kertas dengan lapisan demikian kurang maksimal menyerap tinta printing. Sehingga kualitas teks dan foto akan kehilangan sedikit akurasinya. Apabila anda memutuskan mencetak buku hitam putih atau full warna. Lebih disarankan memilih kertas tak berlapis, agar tinta mampu lebih menyerap dan tahan lama. Kertas cover buku juga memiliki banyak kategori. Misalkan memilih card indeks 67lb hingga card 16pt yang sering dipakai mencetak kartu nama. Ukuran 100# glossy juga banyak dipilih sebagai sampul karena harganya terjangkau. Kertas bermaterial karton dengan lapisan mengkilap yang familiar kita sebut laminasi.

kertas dalam percetakan buku

Gambar 1. Contoh kertas HVS dalam percetakan buku( sumber gambar : rkforcreative.com)

Telusuri juga : Jasa Cetak Buku & Jilid Buku Murah di Semarang

Perhatikan jenis cover sebagian besar buku komersial di sejumlah toko. Buku-buku tersebut menggunakan sampul 10pt atau 12pt C15 yang hanya dilapisi pada bagian luarnya saja. Cover buku demikian dapat menonjolkan warna-warna sampul dan tahan untuk jangka waktu lama. Dari sekian banyak pilihan kertas dalam percetakan, cara terbaik adalah menyentuh sendiri perbedaannya. Terdapat percetakan yang dengan senang hati membiarkan customernya merasakan tekstur kertas pilihan mereka.

Berbagai Pilihan Berbeda Jenis Kertas

Standar kertas buku berlapis ukuran 80# atau 100# ideal untuk mencetak buku bergambar. Seperti buku bacaan anak-anak, buku fotografi, buku resep masakan, otobiografi, dan sejumlah buku lain dengan banyak gambar di dalamnya.  Percetakan juga cukup sering merekomendasikan kertas glossy atau silk sebagai pilihan buku-buku seperti itu. Alhasil warna pada buku akan lebih keluar dan cerah. Berikut adalah beberapa pilihan berbeda jenis kertas percetakan buku.

Gloss Coated

Gloss coated mempunyai karakteristik berkilau dari lapisannya. Memilih kertas satu ini dapat menarik perhatian buku yang anda cetak. Permukaanya terlihat mengkilap dan licin dengan kualitas penyerapan tinggi sangat tinggi. Selain cocok untuk buku bergambar, sejumlah orang kerap memilihnya sebagai media membuat brosur.

Silk Coated

Kertas silk coated mempunyai karakteristik 50:50 antara glossy dan matte. Permukaan kertas terasa halus. Meskipun mampu memantulkan cahaya hasilnya tidak akan terlalu mengkilap. Selain dipergunakan mencetak buku, anda juga bisa membuat katalog atau majalah dengan silk coated.

Manila

Kertas manila tidak bewarna putih 100% melainkan sedikit kuning ke coklatan. Terbuat dari serat kayu tipis. Ketika menyentuh permukaan kertas dapat terasa tekstur serat. Meski secara sekilas permukaannya terap halus. Selain dapat dipergunakan sebagai buku novel, anda dapat mencetak amplop khusus, sampul, map atau karya-karya lainnya.

Kertas coated dalam percetakan buku

Gambar 2. Contoh kertas coated dan uncoated dalam percetakan buku( sumber gambar : importer.co.id)

Telusuri Juga : Percetakan Buku Agenda Custom

Apa Kertas Terbaik untuk Buku Anda?

Mengenal Jenis dan Macam Kertas yang di Gunakan Dalam Percetakan Buku– Merencanakan mencetak buku sendiri juga harus mempertimbangkan berat kertas. Grams per Square Meter atau disingkat GSM dapat mempengaruhi harga jual buku. Maka dari itu costumer harus memperhitungkan siapa target pasar untuk membeli buku tersebut.Selain itu dari GSM dapat diketahui berapa lama usia suatu buku dapat bertahan. Anda juga tak perlu khawatir jika buku menjadi ketebalan. Karena setiap jenis kertas berdasarkan ukuran GSM memiliki korelasinya. Berikut penjelasan lengkap jenis kertas percetakan buku yang tersedia di percetakan buku berdasarkan GSM.

HVS

Memiliki ciri kertas dengan tekstur halus, tipis dan bewarna putih. Kertas HVS mempunyai ketebalan yang beragam, mulai dari 60 GSM hingga 100 GSM. Umumnya anda dapat menemukan HVS pada sejumlah laporan kerja, makalah sekolah, termasuk buku cetak berharga terjangkau.

Book Paper

Kertas ini betekstur setengah kasar dan halus, dengan warna sedikit kuning. Termasuk ringan dan tipis, ukuran GSM nya pun tidak jauh berbeda dengan HVS. Yaitu mulai dari 55 GSM hingga 90 GSM. Bagi anda yang berniat mencetak buku teks minim konten gambar, maka jenis kertas book paper bisa di pertimbangkan. Warna kertas yang tidak terlalu putih, membuat mata lebih nyaman jika harus dalam waktu lama membacanya.

cetak buku percetakan online

Art Paper

Art Paper mempunyai tekstur kertas yang halus, licin, mengkilap, putih, dan sedikit lebih tebal. Ukuran GSM kertas ini adalah 120 hingga 150 GSM. Umumnya direkomendasikan bagi customer yang ingin mencetak buku bergambar, majalah, brosur, poster, profil perusahaan. Kesan yang di hasilkan buku anda lebih luxury, detail, dan cerah.

Art Carton

Art Carton bertekstur serupa dengan art paper, hanya saja lebih tebal. Yaitu antara 190 GSM hingga 310 GSM. Kebanyakan percetakan buku menjadikannya sebagai material cover book. Termasuk cover majalah, sertifikat, undangan dan banyak lainnya.

BW Carton

Kertas jenis BW mempunyai tampilan yang halus dan bewarna putih. Dengan berat GSM adalah 240 GSM. Pihak percetakan buku lebih sering menggunakan kertas satu ini saat mencetak undangan, sertifikat dan sejenisnya. 

Sejauh ini dapat diketahui jika jenis kertas percetakan buku sangatlah beragam. Tentunya anda tidak akan kesulitan lagi menentukan kertas terbaik untuk buku kedepannya. Demikian pembahasan pada kesempata kali ini, semoga membantu.

Cetak Buku online mudah dan murah di digibook.id !

Digibook Promotion

Creating Happiness

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail