Bagaimana Membuat Desain Stiker Label yang Menarik

Bagaimana membuat desain stiker label kemasan yang bisa menarik perhatian yang melihatnya. Dalam artikel ini, tim percetakan stiker semarang digibook promotion akan mengulasnya untuk anda? Sebelumnya, apakah desain stiker kemasan yang menarik itu penting bagi pemasaran produk? Jawabannya adalah sangat penting. Konsumen menilai produk dari wujud fisiknya terlebih dulu. Jika tampilannya menarik, maka mereka akan meluangkan waktu untuk mencari tahu lebih banyak.

Kamu ingin produkmu cepat dikenal konsumen? Sudah coba promo sana-sini, tapi kok angka penjualannya belum naik, ya? Wah, jangan-jangan stiker label produkmu kurang menarik, nih. Nah, salah satu cara paling mudah untuk membuat tampilan produkmu jadi lebih menarik adalah dengan mendesain ulang stiker label. Stiker label merupakan elemen yang mutlak harus ada pada setiap produk.

Desain stiker label kemasan -percetakan stiker semarang

Gambar 1. Contoh desain stiker label kemasan sebuah produk ( sumber gambar : sumber: alibaba.com)

Sayangnya, banyak orang sering meremehkan kekuatan desain pada stiker label produk. Mereka cenderung mendesain asal-asalan. Padahal, membuat desain stiker label yang menarik dapat membantumu mencuri perhatian konsumen, lho. Nah, lantas bagaimana cara membuat desain stiker label yang menarik perhatian? Berikut penjelasannya!

Panduan Bagaimana Membuat Desain Stiker Label Yang Menarik 

Pemilihan software desain yang tepat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai mendesain label stiker ialah memilih software desain yang tepat. Ada banyak software yang bisa kamu gunakan. Mulai dari software dengan fitur lengkap seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Ada juga software online instan yang bisa ditemukan dengan mudah di internet seperi canva, vctr, adobe spark dll.

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam mendesain, tidak ada salahnya lho untuk memakai jasa pihak ketiga. Jangan pernah ragu, sebab kualitas hasil akhir desain akan berdampak besar terhadap produkmu.

Baca juga :  Contoh aplikasi stiker kemasan pada botol 

Bentuk dan ukuran label

Desain stiker label harus dibuat proporsional agar terlihat menarik. Kalau packaging produkmu cenderung memanjang, jangan membuat desain dalam bentuk portrait. Sebaliknya, kalau packagingnya tinggi, jangan membuat desain dalam bentuk landscape.

Selain itu, cermati ukuran stiker label. Stiker yang terlalu besar tidak akan enak dipandang. Sebaliknya, stiker yang terlalu kecil juga akan membuat konsumen kesulitan membaca informasi yang ada di dalamnya.

Desain stiker label kemasan -percetakan stiker semarang

Pemilihan warna

Menurut Gregory Ciotti pada laman Helpscout.com, warna dapat mempengaruhi pikiran dan perilaku konsumen. Misalnya, warna merah dinilai sebagai simbol ketegasan. Sementara warna hijau dinilai sebagai simbol ketenangan, kesehatan, dan alam. Penting untuk memilih warna yang sesuai dengan karakteristik produk saat membuat desain stiker label. Pemilihan warna yang tepat tidak hanya akan membuat desainnya lebih menarik, tetapi juga menyampaikan kesan produk secara tepat.

Baca juga : Bagaimana Mendesain Kemasan Makanan yang menarik

Pemilihan typografi

Faktor lain yang harus diperhatikan saat membuat desain stiker label kemasan adalah typografi. Secara singkat, typografi merupakan seni yang berkaitan dengan pembuatan tulisan.

Cara mudah untuk menentukan font yang sesuai yaitu dengan mencoba merasakan kesan yang diberikan produkmu. Misalnya apabila produkmu berupa makanan, maka font bertipe Sans Serif seperti Montserrat bisa dipakai. Sebaliknya, jika produkmu premium dan berkelas, sebaiknya hindari jenis font Sans Serif atau font dekoratif.

desain stiker label typografi percetakan stiker semarang

Memilih icon/gambar

Menciptakan icon/gambar yang dapat mewakili produk merupakan sebuah nilai plus. Pilihlah ikon yang bentuknya sederhana, kemudian pastikan target konsumenmu bisa memahami maksud dari bentuk ikonmu. Semakin sederhana dan mudah dimengerti, maka ikon tersebut juga akan semakin menarik.

Bentuk dan ukuran label

Desain stiker label harus dibuat proporsional agar terlihat menarik. Kalau packaging produkmu cenderung memanjang, jangan membuat desain dalam bentuk portrait. Sebaliknya, kalau packagingnya tinggi, jangan membuat desain dalam bentuk landscape. Selain itu, ukuran label juga harus ditentukan dengan cermat. Label yang terlalu besar tidak akan enak dipandang. Namun, label yang terlalu kecil juga akan membuat konsumen kesulitan membaca informasi yang ada di dalamnya.

Nama produk dan nama perusahaan

Selain menampilkan logo, nama produk dan nama perusahaan juga wajib dicantumkan, ya. Nama produk berfungsi membedakan produkmu dengan produk kompetitor. Sedangkan nama perusahaan bisa membantu meningkatkan kredibilitas produk apabila perusahaan kamu sudah dikenal sebelumnya.

Informasi kontak

Pada era digital seperti sekarang, promosi produk sudah tidak lagi terbatas hanya via mulut. Penggunaan sosial media untuk mengenalkan produk dinilai lebih efektif karena jangkauannya lebih luas. Oleh karena itulah, pastikan kamu mencantumkan informasi kontak seperti nomor telepon, nomor whatsapp, hingga akun media sosial produk. Dengan begitu, konsumen akan tetap terhubung dengan produkmu meskipun mereka sedang tidak ingin membelinya.

Bahan label produk

Nah, selain tampilan desain, faktor bahan yang digunakan untuk mencetak stiker label juga harus diperhatikan. Terdapat beragam alternatif bahan yang bisa kamu pilih, seperti stiker bontax, stiker vinyl, stiker chromo, dan lain-lain. Jika bingung, kamu bisa menanyakan detail masing-masing  bahan pada penyedia jasa cetak digital, ya.

Baca juga :  Jenis stiker label kemasan yang popular

Bleed/Tanpa Bleed

Bleed adalah area lebihan yang berada di luar garis potong. Fungsi pemberian bleed adalah untuk menghindari risiko salah akurasi saat pemotongan, sehingga menyebabkan area desain terpotong. Kamu bisa menanyakan hal ini pada penyedia jasa cetak digital agar mendapatkan hasil cetak stiker label yang terbaik.

contah stiker label produk makanan

Gambar 2. Contoh desain stiker label kemasan yang memanfaatkan bleed ( sumber gambar alibaba.com)

Finishing laminasi

Finishing laminasi pada hasil cetakan dimaksudkan untuk memberikan sentuhan akhir berupa lapisan pelindung pada kertas. Jenis-jenis finishing pada kertas stiker label yang paling umum adalah plastik BOPP mate dan plastik BOPP glossy. Keduanya dapat melindungi stiker label dari kotoran karena bersifat anti debu dan anti air.

Barcode/QR code

Fungsi barcode pada desain stiker label produk adalah untuk mempermudah proses scanning saat di kasir. Tidak hanya itu, produk yang memiliki barcode juga terkesan lebih tepercaya dan meyakinkan.

Berbeda dengan barcode, QR code pada dasarnya memang memiliki fungsi yang sama tetapi jauh lebih modern. Kamu bisa memanfaatkan QR code untuk menghubungkan konsumen dengan website produk melalui proses scanning. Hasilnya memang tidak instan, tetapi kalau ada cara mudah yang bisa membuat konsumen jadi lebih dekat dengan produkmu, mengapa tidak?

Nah, itu tadi cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat desain stiker label yang menarik perhatian. Bagaimana? Apakah kamu sudah siap membuat stiker label yang memorable untuk produkmu?

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan terkait bagaimana membuat desain stiker label yang menarik perhatian.Jika anda membutuhkan jasa pembuatan stiker label, stiker kemasan, stiker custom label dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Anda dapat menghubungi digital printing digibook promotion semarang. Digibook promotion menghadirkan solusi jasa percetakan stiker dan print sticker dengan menghadirkan jasa pemesanan online pembuatan stiker label kemasan, stiker dekorasi dinding, stiker custom label makanan, stiker label produk, sticker print and cut, sticker decal, sticker branding, sticker cutting, sticker timbul, cetak stiker, stiker label kemasan dan stiker custom dengan pengerjaan yang cepat, harga terjangkau dan kualitas hasil print yang dapat di andalkan.

Digibook Promotion
Creating Happiness

 

Related keyword :

tempat print sticker terdekat, printer untuk sticker vinyl, cetak sticker online, print sticker transparan, harga print sticker vinyl per meter, print sticker vinyl a3, harga print sticker, harga sticker digital printing, print sticker bening, digital printing semarang, harga print label sticker, cetak stiker label, percetakan label sticker, harga print label sticker

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail