Sublimasi vs Sablon, Kelebihan dan Kekurangannya?

Mengenal teknologi sublimasi vs sablon, kelebihan dan kekurangannya – Metode percetakan kain yang kita kenal saat ini ada 3 metode, yakni screen printing (sablon), Sublimasi ( sublim) dan DTF (Direct to Fabric). Ketiga metode ini dalam dunia digital printing adalah metode yang paling sering di gunakan. Lalu metode manakah yag paling menguntungkan. Pada pembahasan artikel ini, tim digibook hanya  akan membahas tentang teknologi sablon dan sublimasi.

Teknologi Sablon / Screen Printing

Sablon adalah teknik pencetakan di mana screen digunakan untuk mentransfer tinta ke media, kecuali di area yang tidak tembus terhadap tinta dengan stensil ( https://en.wikipedia.org/wiki/Screen_printing).Teknologi Sablon adalah teknologi paling konvensional, akan tetapi masih banyak di gunakan. Untuk menghasilkan warna lain. Pada proses sablon / screen printing harus menggunakan stensil layar yang berbeda. 

Pada proses sablon, untuk mendapatkan hasil maksimal. Sangat penting memahami pre treatment dari proses pra cetak, cetak dan pasca cetak. Proses sablon adalah  karya seni, memisahkan warna, menghasilkan film, membuat layar, mengoleskan tinta, dan mengeringkan tinta adalah suatu kesatuan yang tak terpisahkan.

mekanisme sablon screen printing

Gambar 1. Mekanisme Metode Screen printing ( picture by researchgate.net/)

Mengapa Sablon / Screen Printing ?

Proses sablon masih di aplikasikan pada industri textile dan konveksi.Proses sablon memiliki biaya produksi yang murah jika proses produksinya banyak. Lalu, apa saja keuntungan dan kekurangan dari teknik sablon?

Keuntungan

  • Kualitas hasil cetakan menghasilkan warna solid
  • Durability hasil cetak yang lebih lama
  • Dapat mencetak kain berbasis cotton dan lainnya dengan tingkat penyerapan tinta yang baik
  • Dapat di aplikasikan ke media cetak yang berbeda – beda seperti kayu, tekstil, spanduk, gelas mug, elektronik dll tanpa ada proses treatment dahulu.
  • mudah untuk mencetak pada area tertentu dari bahan cetak

Kekurangan

Salah satu kelemahan utama dari sablon adalah bahwa proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya pengaturan awal yang jauh lebih tinggi daripada pencetakan digital . Adapun kekurangan sablon yakni:

  • Proses yang lebih lama untuk menghasilkan warna yang berbeda, karena pada proses sablon, 1 screen untuk 1 warna
  • Untuk pencetakan foto tidak dapat menghasilkan gradasi warna yang solid
  • proses instalasi awal yang lebih rumit dan mahal

sablon screen printing

Gambar 2. Proses sablon ke material cetak ( picture by : shutterstock.com)

Teknologi Sublimasi

Berbeda dengan proses sablon, proses sublimasi dapat mencetak gambar digital printing dengan hasil yang tajam. Teknologi sublimasi menghasilkan gambar yang hiress. Pada proses sablon sublim, tinta sublim akan di transfer ke media cetak dengan menggunakan mekanisme panas. Tinta akan terjebak secara sempurna ke media seperti file awal. Akan tetapi proses cetak sublimasi hanya dapat di lakukan di material yang berbasis poliester atau bahan yang sudah di coating.

Baca juga :Teknologi Sublimasi dan Aplikasinya Pada Digital Printing

Mengapa Memilih Sublim?

Keuntungan

  • cetak sublim adalah metode yang bisa mencetak gambar asli sesuai file ke media print.
  • Tidak terbatas pada warna, bisa mencetak fuul colour hingga gradasi warna. Hasil gradasinya pun memiliki warna yang cerah
  • Ongkos produksi yang tetap, antara 1 dan 1000 pcs biayanya sama sehingga sangat cocok untuk produk custom.
  • Sublimasi cepat dan mudah diproduksi, memungkinkan pencetakan pada hari atau jam yang sama, serta pencetakan sesuai permintaan yang mengurangi risiko dan pemborosan.

percetakan sticker semarang

Kekurangan

  • Media cetak terbatas yakni media berbasis poliester
  • Media cetak non poliester harus di lapisi media coating
  • Media cetak harus  berwarna putih atau terang. Sublim tidak dapat di aplikasikan ke media gelap/ hitam.
  • Investasi mesin yang relatif mahal, dan potensi penyumbatan head printer.
  • Tinta sublimasi relatif mahal dibandingkan dengan tinta OEM. 

 

printer sublim epson

Gambar 3. Printer sublime epson Surecolour F6070 ( picture : by mediaoneusa.com)

Lalu manakah yang paling menguntungkan menggunakan teknik digital printing sublim atau sablon. Sebelum menentukan teknik percetakan yang terbaik. terlebih dahulu kita menentukan file yang akan kita cetak. Untuk pencetakan  dengan desain 1 warna atau lebih ( desain sederhana) teknik sablon adalah pilihannya. Biaya produksi sablon untuk quantity yang besar sangat murah, karena cost produksi yang lebih murah. Untuk pencetakan dengan desain yang kompleks, teknik cetak sublim adalah pilihannya. Teknik sublim dapat menghasilkan warna hi ress yang tidak terbatas. 

Digibook Promotion Digital Printing Semarang

Digibook promotion adalah digital printing di semarang yang ber konsep one stop solution berbasis web to print . Jasa yang kami tawarkan adalah Office Solution dengan menggabungkan jasa percetakan, pembuatan souvenir dan digital printing dalam satu layanan aplikasi. Digibook Promotion adalah digital printing di semarang yang memiliki fasilitas Lengkap dalam satu area workshop. Di dukung dengan cluster konveksi, sablon manual, bordir dan percetakan offset menjadikan proses produksi semakin efektif dan efisien.

Silahkan menghubungi kami, Digibook Promotion untuk mendapatkan penawaran pembuatan barang promosi yang anda butuhkan. Anda dapat order secara online di website kami www.digibook.id  Atau menghubungi representatif marketing kami, melalui Tlp/WA : 0813 5387 7077, 0819 0826 6435.

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail