Perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl

Perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl – Sedang mencari tahu tentang pengertian Stiker? Atau bingung mengenai jenis – jenis Stiker yang ada di pasaran? Sebenarnya apa itu Stiker Chromo dan Stiker Vinyl dan apa perbedaan keduanya? Mana yang lebih cocok digunakan untuk usaha anda? Kali ini tim Digibook Promotion akan menjelaskan perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl agar anda tahu jenis Stiker mana yang lebih cocok digunakan untuk usaha anda. Namun sebelum mengetahui perbedaan keduanya, kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan Stiker, penggunaan Stiker dan jenis – jenis Stiker yang ada di pasaran.

Pengertian Stiker dan Penggunaannya

Stiker atau Sticker adalah sebuah media informasi visual yang dicetak pada sepotong kertas, plastik, ataupun bahan lainnya dan direkatkan pada media tertentu. Stiker digunakan sebagai media informasi, promosi, maupun ornamen dekoratif pada kemasan atau produk. Stiker banyak digunakan pada produk – produk seperti makanan, minuman, kosmetik, mainan, dan lain sebagainya.

Colour full stiker label

Gambar 1 Contoh aplikasi penggunaan Stiker (Sumber : alibaba.com)

Baca juga : Mengenal Jenis Sticker dan Kegunaanya

Alasan pelaku usaha menggunakan Stiker di produknya adalah sebagai alat atau cara untuk menginformasikan dan menjelaskan produk, serta sebagai alat untuk menarik minat konsumen agar membeli produk milik pelaku usaha. Misalnya Stiker yang digunakan untuk label produk makanan berisi informasi mengenai makanan tersebut seperti rasa, komposisi bahan, tanggal pembuatan hingga tanggal kadaluarsa. Stiker makanan juga dibuat dengan desain yang menarik agar calon pembeli tertarik membeli makanan tersebut.

Stiker dibuat dalam berbagai bentuk, mulai dari lingkaran, persegi, oval, hingga heksagonal. Stiker juga didesain dalam berbagai ukuran, dari kecil hingga besar yang disesuaikan dengan produk tempat Stiker akan direkatkan. Pemilihan warna juga merupakan hal yang penting dalam desain Stiker, agar sesuai dan representatif terhadap produk yang dipasarkan oleh pelaku usaha. Setelah mengetahui apa itu Stiker, penggunaan dan tujuan menggunakan Stiker untuk usaha, maka selanjutnya kita akan mengenal jenis – jenis Stiker yang ada di pasaran.

Jenis – Jenis Stiker di Pasaran

Di pasaran terdapat banyak sekali jenis – jenis Stiker. Terkadang banyaknya jenis – jenis Stiker di pasaran ini membuat kita bingung apa perbedaannya. Mana yang kira – kira lebih cocok digunakan sesuai dengan usaha kita. Jenis – jenis Stiker yang banyak ditemui di pasaran antara lain Stiker Chromo, Stiker Vinyl, Stiker HVS, dan Stiker Transparan. Perbedaan dari jenis – jenis Stiker ini umumnya terletak pada bahan pembuatan dan peruntukannya. Namun dari Stiker – Stiker tersebut yang paling populer dan banyak digunakan adalah Stiker Chromo dan Stiker Vinyl. Apa itu pengertian Stiker Chromo dan apa itu pengertian Stiker Vinyl, dan apa perbedaan keduanya? Selanjutnya akan kita ulas perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl.

contoh stiker Vynil

Gambar 2 Contoh stiker vynil metode kiss cut (Sumber : alibaba.com)

Baca Juga : Cetak Stiker Label Online Surabaya

Stiker Chromo

Stiker Chromo adalah Stiker dengan bahan dasar kertas dan dicetak dalam berbagai warna (full color). Stiker Chromo biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Ciri – ciri Stiker Chromo adalah biasanya terlihat mengkilat dan licin (glossy). Stiker Chromo sering digunakan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) karena harga yang lebih ekonomis tersebut. Stiker Chromo banyak dipakai pada label kemasan makanan kering atau label toples, ataupun produk lain yang lebih digunakan didalam ruangan (indoor). Namun Stiker jenis Chromo ini mempunyai kekurangan yaitu tidak tahan air dan minyak, serta mudah sobek maupun tergores. Selain Stiker berjenis Chromo ada juga Stiker berjenis Vinyl. Apa itu Stiker Vinyl?

cetak stiker label kemasan

Stiker Vinyl

Stiker Vinyl adalah Stiker yang memiliki kualitas lebih baik daripada Stiker Chromo. Maka dari itu Stiker Vinyl umumnya sedikit lebih mahal dibanding Stiker Chromo, namun tetap terjangkau. Stiker Vinyl berbahan dasar minyak dan dicetak dalam berbagai warna dengan background putih maupun transparan. Biasanya Stiker Vinyl ditambah dengan laminasi untuk menghasilkan tampilan matte. Stiker Vinyl banyak digunakan sebagai souvenir pada acara ataupun kegiatan pelatihan, seminar, workshop, bazar, dan lainnya. Stiker Vinyl ini sudah tahan air dan minyak, serta memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan stikel Chromo karena tidak mudah sobek dan tergores, sehingga dapat direkatkan pada media diluar ruangan (outdoor).

Setelah mengetahui apa itu Stiker berjenis Chromo dan Vinyl, maka kita akan lebih mudah dalam menjelaskan perbedaan keduanya. Apa itu perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl?

Baca juga : Cetak Stiker Online, Stiker Label, Stiker Kemasan, Stiker Label Makanan Dan Stiker Label Custom

Perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl

Perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl terdiri atas beberapa hal. Perbedaan kedua jenis Stiker tersebut antara lain :

perbedaan stiker vynil dan chromo

  • Bahan Dasar

Stiker jenis Chromo memiliki bahan dasar kertas, sedangkan Stiker berjenis Vinyl memiliki bahan dasar berupa plastik.

  • Ciri – Ciri

Stiker Chromo memiliki permukaan yang mengkilat dan licin (glossy). Sementara Stiker Vinyl memiliki permukaan yang matte karena dilakukan proses laminasi terlebih dahulu.

  • Harga Cetak

Biaya yang dibutuhkan untuk mencetak Stiker berjenis Chromo umumnya sangat murah. Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk mencetak Stiker jenis Vinyl sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Chromo, namun tetap terjangkau.

  • Penggunaan

Stiker berjenis Chromo sering digunakan untuk label makanan kering dan label toples. Sementara Stiker jenis Vinyl banyak digunakan sebagai souvenir pada acara pelatihan, seminar, workshop, maupun bazar.

  • Kualitas

Kualitas yang dihasilkan oleh Stiker jenis Chromo umumnya baik, namun tidak ditujukan untuk penggunaan diluar ruangan dengan resiko terkena air, sehingga lebih cocok untuk penggunaan didalam ruangan (indoor). Sedangkan kualitas Stiker jenis Vinyl lebih baik, sehingga cocok digunakan diluar ruangan (outdoor).

  • Ketahanan

Stiker berjenis Chromo tidak tahan air dan minyak, dan mudah sobek serta tergores. Sedangkan Stiker Vinyl lebih bertahan lama di permukaan produk, karena tahan air, minyak, serta tidak mudah sobek dan tergores. Setelah kita mengetahui perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl, kita dapat memilih jasa percetakan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl yang berkualitas, namun dengan harga yang masuk akal dan cocok untuk usaha anda. Berikut jasa percetakan yang cocok digunakan untuk usaha anda.

Jasa Percetakan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl di Semarang

percetakan stiker label

Baca Juga: Cetak Stiker Online Jakarta

Apakah anda berdomisili di Semarang dan sedang mencari jasa percetakan Stiker? Atau anda berada diluar kota namun malas keluar rumah dan ingin mencetak Stiker dengan praktis? Jika ya, maka Digibook Promotion merupakan pilihan percetakan yang tepat bagi anda. Digibook Promotion merupakan platform yang menawarkan berbagai macam jenis produk pembuatan barang promosi perusahaan, percetakan dokumen, produsen souvenir maupun cetak digital printing. Digibook Promotion telah dipercaya berbagai perusahaan maupun brand terkemuka untuk mengerjakan project percetakan dengan hasil yang memuaskan.

Digibook Promotion memiliki keunggulan dibanding platform sejenis, antara lain 100% transaksi aman, harga kompetitif dan berkualitas, order secara online dimanapun kapanpun 24/7, dilengkapi berbagai pilihan pengiriman, dan one stop service. Maka mencetak Stiker di Digibook Promotion merupakan pilihan yang tepat bagi usaha anda. Terdapat banyak sekali pilihan produk Stiker, jenis Stiker, dan ukuran. Anda juga dapat mengunggah desain anda sendiri untuk dicetak pada Stiker anda. Semua dilakukan pada halaman yang sama untuk kemudahan transaksi anda.

Demikian ulasan mengenai perbedaan Stiker Chromo dan Stiker Vinyl. Semoga bermanfaat menambah pengetahuan anda dan dapat menjadi panduan dalam mencetak Stiker untuk usaha anda.

Create Your Own Sticker With Digibook Promotion!

Digibook Promotion

Creating Happiness

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail