Panduan Membuat Sticker Branding dan Wrapping Mobil

Bagaimana tips dan panduan membuat sticker branding untuk wrapping mobil yang benar dan sesuai dengan tipe dan jenis mobil? Dalam artikel ini, tim digibook promotion akan menjelaskan tentang langkah – langkah dan tips pembuatan stiker branding dan wrapping untuk kegiatan  branding mobil agar hasil kegiatan branding mobil tersebut sesuai dengan yang di harapkan. Branding mobil atau car branding saat ini sudah menjadi salah satu media promosi yang bagus. Sudah banyak berbagai merek dan produk yang memanfaatkan medai promosi ini untuk membuat usaha mereka semakin terkenal. Car branding tergolong sebagai iklan media luar atau out of home yang ternyata mudah diingat oleh masyarakat dibandingkan anda menggunakan media luar lainnya.

Baca Juga : Pesan dan cetak stiker secara Online Murah, Cepat dan Bergaransi

Nanti kendaraan anda akan ditempeli stiker yang anda sesuaikan dengan kebutuhan. Ada beberapa manfaat yang anda peroleh dengan menerapkan media promosi  branding mobil, diantaranya:

  1. Branding mobil mampu melindungi cat mobil dari masalah seperti lecet, goresan, dan kotor sehingga membuat bodi mobil anda lebih tahan lama.
  2. Ketika stiker dilepas, mobil anda terlihat seperti masih baru.
  3. Branding stiker dengan desain yang bagus akan membuat semua orang tertuju pada mobil  branding anda yang membuat produk anda lebih terkenal.
  4. Penempatan materi promosi pada  mobil memungkinkan untuk dapat menjangkau target audience yang lebih banyak
  5. Branding mobil adalah jenis promosi low cost high impact. Jadi dengan modal investasi yang sedikit tapi mampu menghasilkan dampak yang signifikan.

Jenis Branding & Wraping Mobil Dengan Sticker

Ada dua pilihan jenis branding dan wrapping mobil yang dapat anda pilih, yaitu: tipe wrapping branding lengkap dan tipe wrapping branding mobil sebagian.

Wrapping dan Branding Lengkap

Di sini anda harus membungkus semua bodi kendaraan anda dengan stiker atau brand yang anda miliki. Jadi, anda siapkan stiker yang ukurannya sesuai dengan kendaraan anda karena nanti seluruh bodi kendaraan akan didominasi oleh stiker anda. Untuk itu, penting adanya orang yang berpengalaman yang paham tentang pengukuran stiker ini.

Baca juga : Cetak stiker label kemasan murah dan cepat – Digital Printing Digibook Promotion

Wrapping dan Branding Sebagian

Sesuai dengan namanya, branding mobil sebagian maksudnya adalah bodi mobil anda tidak semua dibungkus oleh stiker atau brand. Biasanya hanya di bagian samping atau depan saja karena dua bagian inilah yang biasanya lebih mudah terlihat dibandingkan bagian depan. Anda tinggal memilih apakah ingin membungkus bodi bagian samping atau belakang.

sticker branding dan wrapping mobil

Gambar 1. Contoh branding dan wrapping mobil sebagian  ( sumber gambar : ghanayello.com )

Panduan Dalam Membuat Stiker Branding Mobil

Setelah anda menentukan apakah ingin menerapkan wrapping branding mobil secara lengkap atau sebagian, sekarang anda harus tahu bagaimana langkah-langkah dalam membuat stiker branding mobil.

Buat Template Sticker branding dan Wrapping

Panduan membuat sticker branding dan wrapping mobil yang pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan membuat templatenya terlebih dahulu. Template merupakan titik awal yang akan menentukan seperti apa desain dari branding mobil yang dibuat. Di dalam membuat template, anda harus menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran mobil yang akan di branding dan wrapping. Anda pikirkan kira-kira apa yang harus anda tempelkan pada kendaraan anda tersebut.

Namun yang pasti nama produk harus menjadi prioritas utama. Anda bisa membuat nama produk agar terlihat mencolok. Salah satunya adalah dengan memilih ukuran yang besar. Selain itu, anda juga bisa menggunakan warna terang yang masih sesuai jika dipadukan dengan desain atau warna desain dari stiker branding mobil anda tersebut.

Membuat nama produk yang mencolok tidak perlu dilakukan dengan memilih font yang terlihat gaya. Cukup pilih jenis huruf yang sederhana namun bisa dilihat oleh semua orang dengan jelas. Dibandingkan anda sibuk memilih jenis huruf yang bergaya dan ketika dipasang di mobil, membuat nama produk anda agak sulit dibaca.

Cari Inspirasi Desain

Setelah membuat template, langkah kedua yaitu mencari inspirasi desain. Mungkin sekarang anda bingung seperti apa desain yang paling pas dengan produk yang anda jual. Lalu solusinya bagaimana? Produk anda mungkin bukan satu-satunya yang ada. Untuk itu, anda bisa mencari inspirasi dengan melihat desain yang dimiliki oleh pesaing anda. Di sini anda bukan melakukan penjiplakan desain.

Anda hanya perlu melihat konsep desain dan warna yang digunakan. Kemudian anda bisa mulai membuat desain anda sendiri. Untuk warna pun sebenarnya tidak sama asalkan anda bisa membuatnya berbeda dengan memadukan warna lain yang cocok. Perpaduan warna seperti ini aka menjadi pembeda antara produk anda dengan yang dijual oleh kompetitor anda tersebut.

sticker wrapping dan branding mobil

Gambar 2. Seorang pekerja sedang menempelkan sticker pada body kendaraan mobil ( sumber gambar : aurabrands.com)

Baca Juga : Branding Mobil, Stiker Branding, Stiker Wraping Mobil

Pikirkan Tata Letak

Bagi anda yang menggunakan aplikasi Photoshop atau aplikasi lain dengan fungsi yang sama, anda bisa memiikirkan teta letaknya sendiri. Akan tetapi, jika anda benar-benar menginginkan sebuah hasil yang bagus, anda bisa meminta tolong orang yang paham di bidangnya.

Perhatikan Kontur Kendaraan

Pada dasarnya, kontur merupakan garis yang menghubungkan antara lokasi berbeda yang masih berada pada ketinggian yang sama. Mendesain dan menempelkan stiker pada bagian mobil yang terpisah sulit jika tidak dilakukan oleh orang profesional. Berkaitan dengan kontur kendaraan, anda juga bisa meminta saran kepada orang yang ahli di bidanngya.

Waspadai yang Tidak Perlu Dilakukan

Panduan membuat sticker branding dan wrapping mobil selanjutnya adalah mewaspadai hal -hal yang tidak di perlukan. Meskipun branding mobil bertujuan agar produk atau merek anda semakin dikenal, bukan berarti anda menempelkannya di sembarang termpat. Hindari bagian-bagian yang memang tidak perlu ditempeli stiker karena kemungkinan malah membuat stiker anda tidak kelihatan atau malah memnbuat penampilan branding mobil anda menjadi kurang menarik.

Baca juga : Manfaat Branding Mobil Dalam Strategi Pemasaran

Pertimbangkan Hal-Hal Khusus

 

branding dan wrapping mobil

Gambar 3. Gambar mock up branding dan wrapping mobil  ( sumber : printonline.ae )

Jika anda ingin hasil branding mobil anda benar-benar tidak mengecewakan, maka anda harus siap mengeluarkan biaya yang tidak murah. Meskipun mahal, namun cara ini terbilang efektif dan mampu membuat stiker anda tersebut tidak mudah luntur sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahan stiker juga harus menjadi pertimbangkan anda. Bahan bisa mempengaruhi ketahanan stiker branding mobil tersebut. Kami sarankan anda menggunakan bahan vinyl. Mengapa? karena bahan ini mampu bertahan sampai 8 tahun dan bersifat semi permanen. Anda bisa datang ke jasa pembuatan car branding terpercaya di daerah anda. Biasanya mereka akan mengajak anda untuk berdiskusi kira-kira seperti apa desain yang anda inginkan. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan dengan membuat stiker anda sendiri sementara anda belum terlalu profesional dalam bidang tersebut.

Jasa Branding & Wrapping Mobil di Semarang

Jika anda membutuhkan jasa pemasangan dan pembuatan branding mobil di Semarang ada dapat menghubungi Digibook promotion. Digibook menghadirkan jasa pemasangan, pembuatan branding mobil, jasa cetak sticker branding mobil, jasa pasang sticker  untuk kebutuhan branding  dan wrapping mobil dengan hasil cetak yang sesuai dengan file asli. Garansi hasil dan pemasangan sticker branding sesuai dengan mock up yang anda setujui. Bahan sticker yang kami gunakan adalah bahan stiker vynil merek oracal, graftac, 3 M dan max decal.  Kami menawarkan harga jasa pemasangan wrapping dan branding mobil  dengan harga murah dan terjangkau. Kami menggunakan mesin printer yang berkualitas dan di dukung dengan bahan stiker yang mampu menampilkan gambar yang tajam. Daya tahan stiker branding mobil yang kami buat bisa bertahan hingga 3- 5 tahun.

Demikian artikel tentang Panduan Membuat Sticker Branding dan Wrapping Mobil . Semoga artikel yang kami tulis bermanfaat.

Digibook Promotion

Creating Happiness

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail