Mengenal Jenis Kertas yang di Gunakan dalam Kemasan makanan

Calon pembeli hanya membutuhkan waktu 3-5 detik untuk memutuskan membeli suatu produk? Lalu, hal apa yang menjadi penentu keputusannya? Ya…kemasan produk. Kemasan tidak hanya melindungi produk yang di bungkusnya, akan tetapi lebih dari itu. Kemasan makanan menunjukkan estetika, menunjukkan brand, dan sebagai pembentuk persepsi orang yang melihatnya. Kertas adalah bahan utama yang di gunakan sebagai bahan kemasan makanan, utamanya untuk produk makanan fast food dan cemilan. Tidak semua jenis kertas dapat kita gunakan sebagai bahan pembuat kemasan makanan, hanya kertas-kertas tertentu yang dapat di gunakan

Pada artikel ini, tim digibook promotion akan mengenalkan jenis – jenis kertas yang di gunakan dalam label dan bahan kemasan makanan, berikut adalah jenis kertas-kertas yang sering di gunakan:

Jenis – Jenis Kertas Yang di gunakan Kemasan Makanan

Kertas Kraft

Kertas kraft paper kemasan

Gambar 1. Jenis kertas kraft paper ( sumber : tokopedia.com )

Kertas kraft adalah kertas yang umumnya bewarna coklat tua sampai coklat tua yang memiliki tekksture permukaan yang kasar. Kertas kraft di hasilkan dari proses kima chemical pulp dalam pembuatan pulpnya. Proses ini menghasilkan pulp dengan kekuatan yang lebih baik dari pembuatan pulp mekanis. Pulp kertas yang tidak mengalami bleaching akan bewarna coklat.

Kertas kraft banyak digunakan sebagai bahan kemasan makanan karena memiliki teksture yang kuat. Biasanya di gunakan untuk kemasan yang berbentuk kantung  / sak pelapis. Kertas kraft digunakan untuk mengemas bahan yang masa jenisnya lebih besar. Untuk mengemas produk yang bersifat cair, kertas kraft dapat dikombinasikan dengan plastik atau alumunium foil.

Kertas Greas Prof

 

kertas greas prof kemasan

Gambar 2. Jenis kertas greas prof ( sumber : ebay.com )

Kertas greas prof atau kertas minyak adalah kertas food grade yang sengaja di buat untuk kemasan makanan. Kertas ini memiliki kemampuan untuk membungkus makanan yang berminyak dan berlemak dan tidak dapat ditembus oleh minyak. Kertas greas prof ini memiliki lapisan coating, dan dapat tahan panas microwave dan dingin lemari pendingin. Kertas ini dibuat dengan cara memperpanjang waktu pengadukan pulp sebelum dimasukkan ke mesin pembuat kertas.

Kertas Duplex

kertas duplex kemasan makanan

Gambar 3. Jenis kertas duplex ( sumber : importir.co.id )

Kertas duplex adalah salah satu jenis kertas karton yang banyak di gunakan sebagai bahan kemasan makanan. Kertas dupleks memiliki dua sisi, yakni warna putih dan warna abu-abu. Warna putih di gunakan untuk media cetak pada pembuatan kemasan boks. Kertas duplex memiliki ketabalan yang bervariasi dari 250 gr, 310 gr hingga 400 gr.

Kertas duplex terbuat dari kertas daur ulang yang dilapisi oleh white liner. Lapisan tersebutlah yang menyebabkan perbedaan warna pada kertas ini. Kertas duplex di gunakan sebagai bahan kemasan makanan karena memiliki tingkat kekauan, kepadatan, ketebalan, arah serat, kelembapan,kecerahan dan ke halusan yang sesuai dengan standar FDA (Food and Drug Administration) badan Pomnya Amerika.

 

Kertas Ivory

kertas livory kemasan makanan

Gambar 4. Jenis kertas livory ( sumber : importir.co.id )

Kertas livory memiliki karakter perbedaan sisi yang sama dengan kertas dupleks. Jika dupleks bewarna putih dan abu abu, kertas livory memimiliki tampilan yang putih gading mengkilap dan sisinya putih yang lebih redup. Antara ke dua sisi juga memiliki teksture yang berbeda, yakni tekture halus dan teksture kasar. Gramasi ketebalan kertas ini mulai dari 210, 230, 260 hingga 400 gr. Kertas livory sering di gunakan kemasan take away oleh perusahaan fast food deperti MCD dan KFC.

Demikianlah informasi tentang Jenis Kertas yang di Gunakan dalam Kemasan makanan. Semoga informasi tersebut membantu.

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut!

ToniGetaHendrawanKontakEmail